Anak Jokowi Benci Wartawan?


14290958331928414244
Gibran Rakabuming Raka (sumber: bintang.com)
Baru-baru ini saya menonton acara konferensi pers yang dilakukan oleh pasangan yang sedang booming, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Tentu tak perlu dipertanyakan lagi alasannya. Gibran adalah putra pertama presiden RI ke tujuh, Joko Widodo. Pernikahan ini jadi objek pemberitaan yang cukup masif semenjak Gibran dikabarkan akan menikahi pemenang Putri Solo 2009 itu akhir Juni nanti.
Pasca penampilan perdana pasangan tersebut di depan awak media, lini massa jejaring sosial langsung bereaksi. Ada yang mengucapkan selamat dan mendoakan kesuksesan pernikahan tersebut, tapi secara kuantitas, suara sumbang dan protes netizen nampaknya lebih mendominasi. Sebabnya, dalam konferensi pers kita bisa melihat gesture dan mimik wajah Gibran yang tampak tak bersahabat, dingin dan terkesan jutek saat para jurnalis membanjiri keduanya dengan lampu flash kamera dan bertumpuk tanya.
Selvi, si calon istri, sepertinya jauh lebih ramah pada kamera dan microphone di genggamannya. Mungkin 90% pertanyaan yang disampaikan wartawan ludes dijawab Selvi dan Iriana, Ibu Gibran. Saya cuma mendengar Gibran menjawab singkat tentang “batu koleksi” dan ketika wartawan bertanya apa makna di balik itu, lagi-lagi Gibran hanya menjawab singkat: “rahasia”.
Secara subjektif, saya memang melihat gerak tubuh dan mimik wajah Gibran tampak kurang  nyaman dan tak suka dengan kerumunan wartawan yang mengorek jawaban dari dirinya dan keluarga. Bahkan saya tak membantah jika komunikasi nonverbal yang ditampilkan oleh Gibran agak terkesan arogan.
Tapi, saya seperti bisa memaklumi alasan di balik tampang angkuh dan tak bersahabat pengusaha muda kelahiran 1 Oktober 1987 itu.
Mari flashback ke masa pemilihan umum presiden beberapa waktu yang lalu. Kita bisa menyaksikan bagaimana pertarungan kedua kubu capres untuk memperebutkan tampuk kekuasaan tertinggi lembaga eksekutif negeri ini berlangsung sangat keras dan panas, bahkan menjurus ke hal-hal yang tak pantas, salah satu bukti adalah suburnya praktik black campaign.
Sempat ada survei yang coba memetakan kuantitas atau jumlah serangan kampanye hitam yang menyerang kedua sosok presiden. Dan ternyata, Jokowi sukses jadi “pemenang” dalam survei yang dihelat Politicawave itu. Hasilnya mencengangkan, pasangan Jokowi-JK mendapat persentase sasaran kampanye hitam hingga 94,9%.
“Jenis-jenis kampanye hitam (yang menyerang Jokowi) berupa isu suku, ras, agama, pemalsuan surat ke Kejaksaan Agung, iklan kematian terhadap Jokowi, dan lain-lain,” kata pendiri Politicawave, Yose Rizal, seperti dikutip dari beritasatu.com.
Kampanye hitam yang membombardir Jokowi juga sampai ke telinga anak sulungnya, Gibran. Pemilik usaha ketring Chilli Pari itu pun nampaknya tak terima. Bukan apa-apa, salah satu kampanye hitam yang menyerang Joko Widodo sempat menghembuskan kabar kalau Gibran Rakabuming Raka bukanlah putra Jokowi, melainkan hanya anak haram!
Kekesalan Gibran nampak jelas ketika pertama kali ia diperkenalkan di depan awak media oleh Ayahnya yang akan dilantik di gedung MPR/DPR RI, 20 Oktober 2014 lalu. Gibran langsung berkata ketus, “saya bukan pengangguran. Saya punya kerjaan. Kalau saya ikut Bapak terus, berarti saya pengangguran. Saya kan kerja, saya sempat dikatain anak haram karena tak pernah ikut kampanye. Kalian (media) lihat aktivitas saya sendiri, kalau saya sibuk karena kerjaan. Ini biar jelas, wong saya punya pekerjaan. Kemaren ada media tak jelas nyebut saya anak haram. Saya kerja dari pagi sampai pagi lagi, jadi tak ada waktu buat ikut bapak saya terus.”
Semenjak itu, saya semakin jarang melihat Gibran tampil di depan media. Ia seakan menutup diri dari cecaran pewarta. Padahal ketika Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Gibran tampak lebih ramah dan mau bercuap-cuap ketika diwawancarai. Misalnya saja ketika aktifitasnya sebagai pengusaha diliput oleh portal berita online merdeka.com atau koran di kampungnya, Solo Pos, yang memberitakan kisah hidup pria yang pernah mengenyam pendidikan di Singapura ini. Kalimat yang Gibran sampaikan terbaca normal, kooperatif dan tentunya, lebih panjang.
Sekarang sikap Gibran nampak berubah 180 derajat. Mungkinkah Gibran bersikap defensif dan berusaha menghindar dari “cabikan” tinta jurnalis yang terkenal sadis?
Entahlah, yang pasti, saya yakin sikap “arogan” Gibran tidak berasal dari statusnya sebagai anak dari orang nomor satu di negeri ini. Memang, kesombongan mudah kita temui dari individu yang “kebetulan” terlahir dengan orang tua berpengaruh—tapi saya pikir, Gibran bukanlah salah satu di antaranya.
Alasannya? Gibran pernah menyebut jika usaha kateringnya ia rintis sendiri, tanpa bantuan modal dari orang tua. Ia berjuang dengan mengandalkan dana pinjaman dari bank, itu pun jumlahnya tak sesuai dengan yang ia harapkan. Setelah besar dan jadi usaha yang punya nama di Solo, ia dengan tegas menolak bekerja sama dengan Pemkot Solo saat Ayahnya menjabat walikota di sana. Ia tak ingin bisnisnya terkontaminasi politik dan menolak nepotisme sebagai unsur kesuksesannya. Gibran baru mau menjalin hubungan bisnis dengan pemerintah kota Solo setelah Ayahnya tak lagi memiliki jabatan di Surakarta.
Saya lebih menerima alasan di balik sikap dingin dan arogan Gibran karena pengalaman buruknya dengan media di masa lalu. Memang, fitnah yang diterima Gibran sangat menyakitkan. Namun itu sudah jadi risiko “wajib” yang akan diterima para public figure sehingga dibutuhkan manajemen emosi dan kemampuan ‘bermanis-manis’ di hadapan media agar tetap terbentuk citra diri positif di depan publik.
Tulisan copas dari kompasiana
Ardi Winta Tobing

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Anak Jokowi Benci Wartawan?"

Posting Komentar